Sebagai orang yang tech-savvy, perkara bebersih rumah aja maunya serahin ke alat. Maklum, sukanya terima beres. Makanya dari dulu aku sangat tertarik dengan robot vacuum cleaner. Kalau produk vacuum cleaner biasa kan tetap pakai tenaga manusia, ya. Berbeda dengan robot vacuum cleaner sih tinggal pencet-pencet nanti dia bisa jalan sendiri.

Masalahnya, kebanyakan produk robot pembersih ini tuh belum ada distributor resminya di Indonesia. Beruntung, sekian lama punya keinginan, akhirnya ada kesempatan buatku untuk punya dan nyoba langsung produk robot vacuum (robovac).

Produk yang aku punya namanya Roborock S7, dikirimkan langsung oleh Roborock Indonesia yang merupakan distributor resminya. Jadi, Roborock ini adalah merek produk peralatan rumah pintar. Mereka sendiri mendesain produk robotik untuk Xiaomi. Waktu peluncuran resminya di Indonesia, ada dua jenis robovac yang dikenalkan: S7 dan S6 Pure.

Begitu barangnya datang, jelas aku excited banget dong buat nyobain. Sekaligus dari percobaan ini aku bakalan review beberapa hal yang keren banget dari produk ini. Hal-hal yang mau aku review soal produk ini jelas nggak jauh dari fitur dan kinerjanya. Tapi biar nggak memusingkan, aku bakal bahas dalam beberapa section.

PENAMPAKAN FISIK ROBOROCK S7

Apa yang didapat dalam satu box? Selain robovac-nya, aku juga dapat water tank, mopping pad, AC adapter, charging dock, figure 8 cable, user manual, dan app connection guide.  Standar untuk kepentingan berfungsinya robovac ini aja.

Secara penampakan fisik sih Roborock S7 ini nggak jauh berbeda dengan produk robot vacuum lainnya. Bentuknya bulat biar memudahkan mobilitasnya. Soal estetika penampakan ya so so, aku nggak terlalu mengomentari penampakan karena yang penting fungsinya oke.

Untuk besaran dimensi produk ini, ukuran diameternya sekitar 35 cm dan tinggi kurang lebih 10 cm. Nggak terlalu besar jadi nggak memenuhi ruangan juga. Untuk warna, Roborock S7 ini ada dalam dua varian warna yaitu hitam dan putih.

Seperti yang disebutkan di awal, produk ini punya water tank. Ini mungkin yang jadi ciri khas produk ini. Adanya water tank ini mengindikasikan kalau Roborock S7 nggak cuma bisa nyapu tapi juga mengepel (mopping) otomatis. Klaim lain yang diberikan adalah, robovac ini bisa buat bersihin ruangan seluas 200 meter persegi dalam satu kali sesi pembersihan.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

SPESIFIKASI & FITUR

Setelah membahas penampakan fisiknya, mari kita pindah untuk bahas spek dan fitur Roborock S7 ini. Spek dan fitur ini yang katanya digadang-gadang jadi keunggulan Roborock S7 yang kemudian membuatnya terkesan worth to buy.

1. Sonic Mopping Technology dan Hard Driving Suction

Fitur pertama yang mau aku bahas adalah tentang teknologi Sonic Mopping Technology. Fitur ini berhubungan sama kekuatan produk buat membersihkan kotoran.

Yang aku tau, produk robovac serupa biasanya nggak bisa membereskan masalah kotoran yang sudah terlanjur kering. Kalau ada kotoran gitu, bisanya ya dengan digosok manual.

Roborock S7 diklaim punya kemampuan buat membersihkan kotoran kering karena adanya teknologi ini. Teknologi Sonic Mopping membuat robovac ini bisa scrubs sampai 3.000 kali per menit. Angka ini menunjukkan kekuatan menggosok (scrubbing) robovac ini cukup kuat.

Apakah produk ini hanya bekerja di kekuatan tersebut? Ini yang jadi keunggulan. Angka kekuatan scrubs sampai 3.000 kali per menit itu sebenarnya merupakan kekuatan produk di mode tertingginya. Yes, produk ini dilengkapi dengan fitur 4 mode pembersihan.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Ada mode Quite, Balanced, Turbo, dan Max. Mode ini tuh sebenarnya kayak level-nya robovac buat ngebersihin. Quite itu yang mode yang paling rendah level suction-nya dan Max itu yang paling tinggi. Aku kurang tahu tingkatannya per level tapi klaim-nya menunjukkan kemampuan berputar sapunya mulai dari 1.650 kali per menit sampai 3.000 kali per menit. Adanya fitur ini kemudian berhubungan juga dengan kekuatan penyedotan kotoran, kan.

Roborock S7 ini juga diklaim punya kekuatan suction sampai 2500 Pa untuk menyedot kotoran dan debu. Ini karena Roborock S7 dilengkapi dengan fitur yang namanya Roborock’s HyperForceTM suction system. Fitur yang satu ini memungkinkan robovac untuk menyedot kotoran super kecil dan bertekstur sangat lembut, seperti debu halus, rambut rontok, maupun bulu hewan peliharaan.

2. VibraRise Technology dan Genius-Level Mopping

Fitur teknologi lainnya yang disematkan pada produk Roborock S7 ini adalah VibraRise Technology

Sebelumnya perlu aku kasih tahu juga kalau kerennya Roborock S7 ini adalah bisa membersihkan area yang digelar karpet juga. Di produk robovac lain, ketika mereka membersihkan ruangan dan mengenai karpet, robovac itu akan otomatis menghindari karpet karena dianggap sebagai benda lain berdimensi tinggi, kan.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Kalau Roborock S7, mereka bisa mengidentifikasi karpet tersebut dan akan langsung naik ke karpet untuk membersihkannya. Lagi-lagi, robovac satu ini jadi andalan karena sudah ada teknologi yang memungkinkan produk ini naik dengan sendirinya ke area karpet – bukan menghindarinya.

Jauh lebih kerennya adalah adanya teknologi VibraRise ini. Seperti yang sudah dibilang di awal, produk ini kan nggak hanya untuk menyapu otomatis tetapi juga mengepel otomatis. Kata-kata otomatis ini bukan sekedar kita pencet tombol lalu modenya berjalan, tapi robovac ini punya kecerdasan untuk mengganti mode ketika membersihkan lantai dan karpet.

Maksudnya gimana tuh? Ketika kamu menyalakan Roborock S7 untuk mengepel lantai tapi di ruangan tersebut ada karpet, nantinya Roborock S7 yang punya kemampuan mengenali karpet ini akan otomatis mengganti mode-nya ke pembersihan kering ketika berada di area karpet.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

3. Ultrasonic Carpet Recognition

Keunggulan yang disebutkan sebelumnya berfungsi karena adanya fitur sensor Ultrasonic Carpet Recognition yang bisa mendeteksi karpet secara akurat. Kalau nanti sensor ini mengenali permukaan karpet, secara otomatis mop-nya akan sedikit naik supaya nggak membasahi karpet. Cuman nih, karpet yang dimaksud nggak kemudian karpet tebal kayak karpet Turki gitu ya.

Karpet yang dimaksud di sini tipe low pile carpet. Kalau ditanya kenapa, sebenarnya ini berhubungan sama kemampuan naiknya mop pada robovac yang hanya sekitar 5 mm saja.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Kalau karpet yang dimaksud adalah karpet tebal semacam karpet Turki gitu, ada kemungkinan nanti mop-nya akan sedikit mengenai permukaan karpet meskipun sebenarnya mop itu sendiri sudah agak naik.

Berkaitan dengan fungsi mengepel, kan produk ini dilengkapi dengan water tank. Volumenya mencapai 300ml. Relatif besar ya. Sebagai tips, kalau kamu mau menggunakan mode untuk mengepel, kamu cukup memasukkan air bersih saja tanpa campuran cairan pembersih atau desinfektan. Hal ini bertujuan agar water tank lebih awet dan tidak cepat rusak.

3. Upgraded Floating Flush dan All-New All-Rubber Brush

Aku baru pertama kali pakai vacuum cleaner yang otomatis begini. Jadi di bagian ini aku cari tahu banget. Ada dua hal yang aku highlight dari floating flush yang di-upgrade Roborock ini.

Pertama, fitur floating flush ini juga di-upgrade untuk berada lebih dekat dengan area permukaan lantai. Dikarenakan sapunya lebih dekat dengan lantai, produk ini bisa membersihkan secara lebih baik. Fitur ini berguna sekali untuk pembersihan di sebuah area yang permukaannya tidak rata. Jadinya, hasil pembersihan produk ini lebih baik dibandingkan robovac lain.

Floating flush yang ada di Roborock S7 ini ada di tengah ruang hampa, memungkinkan produk menghilangkan kotoran yang nyangkut tadi. Dengan begitu, kamu akan minim melakukan pembersihan pada sikat produk ini sendiri. Fitur ini akan secara otomatis membuat produk bisa membersihkan dirinya sendiri.

Apalagi, kebersihan area kerja produk berperan dalam panjangnya usia pemanfaatan produk. Ini artinya, Roborock S7 punya kemampuan merawat dirinya sendiri. 

Kedua, yang namanya kotoran di lantai itu kan macam-macam. Dalam arti, ukuran dan bentuknya bermacam-macam. Nah, kotoran yang tersedot ke mesin vacuum ini punya potensi untuk nyangkut di area mulut penyedotan. Misalnya seperti rambut rontok.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Hal ini berkaitan dengan fitur lain yang diusung, yaitu All-New All-Rubber Brush. Betul, seperti namanya, sikat yang digunakan dalam produk ini berbahan dasar karet. Roborock S7 tidak lagi menggunakan bahan berbulu untuk menyapu. 

Penggunaan bahan karet ini akan berhubungan dengan kemampuan produk membersihkan permukaan karena karet punya sifat lebih mengikat dibandingkan bahan bulu yang sekadar menyapu.

Pada fungsi pembersihan di karpet ini mungkin ada yang nanya seberapa bersih produk ini kalau untuk membersihkan karpet. Ada pengujian pembersihan pada low-pile carpet dan medium-pile carpet yang dilakukan sama reviewer produk di Eropa. Dalam video tersebut, Roborock S7 diuji untuk membersihkan dua jenis karpet dengan kotoran dalam bentuk pasir, kerikil, dan kotoran-kotoran kecil (debris).

Hasilnya cukup keren. Pada permukaan karpet, produk ini bisa membersihkan kotoran sampai akurasi di atas 90%. Hasil ini sebenarnya logis mengingat sikat yang digunakan bukan lagi bahan bulu tapi karet. Sehingga, kemampuan melekatkan kotoran ke sapu dalam produk lebih baik. 

4. Kapasitas Baterai Roborock S7

Produk ini punya kekuatan yang cukup besar karena didukung dengan baterai berkapasitas 6.200 mAh. Kalau digunakan dalam mode terendah (mode Quite), Roborock S7 ini bisa membersihkan area dalam durasi 3 jam sekaligus di satu sesi pembersihan.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Seperti yang disebutkan, durasi tersebut hanya kalau kamu menggunakannya dalam mode terendah ya. Kalau nanti kamu pakai produk ini dalam mode tertinggi, durasi waktu kerjanya mungkin lebih pendek. Ini berhubungan dengan penggunaan baterainya. Pada mode yang lebih tinggi membutuhkan lebih banyak daya, apalagi mode tersebut digunakan untuk membersihkan noda membandel.

Analoginya sama seperti ketika membersihkan secara manual. Ketika menggosok kotoran kering, usaha yang dibutuhkan seseorang akan lebih besar dibandingkan sekadar menyapu debu halus. 

5. Integrasi dengan Virtual Assistant dan Fitur Child-Lock

Akhirnya sampai pada section ini. Bagian ini yang pengen banget aku komunikasikan karena ini berhubungan juga dengan kebiasaanku yang apa-apa “Hey, Google!”

@xioami.addict

Why need housemaid if you can “Hey Google, clean up the room!” 🥰 #robovacuum #roborocks7 #roborock #robovac

♬ original sound – Xiaomi Addict – Xiaomi Addict

Roborock S7 ini produk yang smart banget karena bisa diintegrasikan dengan Google Home, Siri, dan Amazon Alexa. Kalau robovac lain mungkin masih membutuhkan usaha user-nya buat mencet-mencet tombol biar produknya berjalan. Nah, kalau Roborock S7 ini bisa aku kendalikan lewat smartphone, bahkan semudah ngomong biasa karena difasilitasi sama integrasinya dengan virtual assistant.

Untuk cara menghubungkan Roborock S7 biar bisa di-handle via smartphone, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah download aplikasi Roborock. Setelah instalasi aplikasi selesai, kamu harus menghubungkan Roborock dengan aplikasi di smartphone-mu via WiFi.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Nah kalau antara produk dan aplikasi Roborock di smartphone sudah terhubung, langkah selanjutnya adalah menghubungkan antara aplikasi Roborock dengan ke virtual assistant sesuai smartphone masing-masing.

Berhubung aku pakai smartphone Android, di bawah ini adalah tampilan ketika Roborock S7 sudah linked dengan Google Home assistant di ponselku.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Nantinya kalau sudah terhubung, kamu bisa tuh kontrol produknya via smartphone atau sekadar ngomong “Hey Google, clean my room now.” Roborock S7 yang sudah terkoneksi akan tau perintah untuk menyala dan membersihkan area.

Itu belum seberapa, loh. Kalau pakai robovac biasa kan nggak bisa di-track tuh ya jalannya gimana. Roborock S7 ini punya fitur Smart Mapping yang gunanya memberikan laporan ke kita area yang sudah dibersihkan. Laporan ini pun sifatnya real-time report. Bisa dibayangkan kayak kamu mengawasi kerja robovac dari CCTV. Cuman kan kalau by CCTV kamu mungkin nggak lihat kerjanya di sudut tertentu ya.

Nah, kalau report yang dikirim dari Roborock S7 ini bentuknya kayak gambar 2 dimensi aja, bagian lantai mana yang udah dibersihin. Kamu bisa lihat keseluruhan area yang sudah dibersihkan lewat gambar peta yang dilaporkan lewat smartphone-mu. Kurang lebih nanti laporan gambarnya akan seperti ini.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Selain oke karena bisa terhubung dengan virtual assistant, produk ini juga cukup direkomendasikan kalau kamu mungkin sudah punya anak kecil. Berhubung yang namanya anak kecil itu pasti kepo, bukan nggak mungkin mereka pengen tahu robovac juga. Bukan karena mau pakai tapi karena robovac ini lebih mungkin terjangkau oleh anak-anak karena diletakkan di lantai.

Fitur baru yang disematkan di Roborock S7 ini adalah fitur Child-Lock. Sesuai namanya, fitur ini dipasang untuk mengunci produk supaya tidak mudah dinyalakan secara tidak sengaja oleh anak-anak. Nggak cuma anak kecil kepo, kalau kamu punya peliharaan kepo seperti kucing, fitur ini juga akan menjaga robovac tidak menyala tanpa kontrol dari orang dewasa yang proper mengoperasikannya.

PERAWATAN PRODUK

Nggak cuma manusia yang perlu perawatan, produk elektronik pun juga butuh dirawat. Meskipun di awal bilang kalau produk ini bisa merawat dirinya, itu hanya terbatas pada pembersihan area kerja aja. Untuk section ini, aku akan lebih membahas soal perawatan yang standar seperti cara membersihkan dan penyimpanannya.

Overall sebenarnya tidak ada yang khusus untuk urusan perawatan dan pembersihan produk. Baik water tank dan kotak debunya bisa dicopot dan dibersihkan dengan mudah. Dua komponen ini bukan tipe yang nyangkut di produknya, tapi benar-benar bisa dilepas.

Roborock S7 ini kan juga dilengkapi dengan kain pel. Bagian kain ini juga mudah untuk dilepas dan dibersihkan. Penilaianku pribadi, Roborock cukup keren mendesain produk yang satu ini karena nggak hanya bagus dari segi kinerja tapi juga nggak merepotkan dari segi perawatan.

Review Roborock S7: Robot Pembersih yang Terintegrasi Virtual Assistant

Ada satu hal lagi yang sebenarnya keren, yaitu Self-Emptying Dustbin. Produk pasangan robovac ini – seperti namanya – punya keunggulan untuk mengosongkan tempat sampah di robovac secara otomatis.

Kamu nggak perlu lagi tuh nantinya buka pasang dustbin untuk mengeluarkan kotoran yang sudah disedot oleh robovac. Sayangnya, Self-Emptying Dustbin belum masuk dalam paket penjualan. Jadi kamu perlu beli Self-Emptying Dustbin dock secara terpisah jika ingin menggunakan fitur otomasi ini.

KESIMPULAN DAN KONKLUSI

Keseluruhan review produk berdasarkan first impression dan riset kecil-kecilanku ini udah aku tulis semuanya. Sekiranya ini cukup memberi gambaran buat calon user Roborock S7. Aku pribadi sangat-sangat puas dalam menggunakan produk ini kurang lebih beberapa minggu terakhir.

Oh iya, kalau ditanya soal harga, Roborock S7 ini dibanderol dengan harga Rp9.980.000 per unit. Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan Roborock S7 dengan harga spesial Rp9.381.200 eksklusif di Official store Roborock Indonesia di Shopee.

Kalau ditanya mahal atau nggak, itu tergantung masing-masing orang ya. Pertimbanganku punya produk ini sih nggak hanya tentang harga tapi juga mempertimbangkan fungsi dan perawatannya. Semoga tulisan ini bisa membantu memberikan referensi, ya.

Informasi tambahan seputar produk robot vacuum Roborock S7 ini bisa kamu lihat dari halaman resmi Roborock Indonesia di Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *