Saat ini perangkat komunikasi mobile seperti smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan primer. Smartphone layaknya seperti asisten pribadi yang tidak bisa lagi ditinggalkan ke manapun penggunanya bepergian. Tentu saja hal ini terjadi karena dampak dari perkembangan teknologi, semua hal sudah dapat dilakukan hanya dengan bantuan sebuah smartphone. 

Ketergantungan akan penggunaan smartphone ini berbading lurus dengan kebutuhan akan perangkat pemasok daya cadangan atau powerbank semakin hari semakin besar. Hal ini disebabkan karena daya tahan baterai dari smartphone, tablet ataupun gadget lain yang digunakan sudah tidak mampu lagi mengakomodir aktivitas sehari-hari pemiliknya.

Saat ini di pasaran kita juga bisa menemukan berbagai jenis powerbank dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing produsennya. Mulai dari powerbank yang memiliki ukuran sangat ramping, hingga powerbank yang punya kapasitas penyimpanan daya yang sangat besar.  Nah, banyaknya jenis dan tipe powerbank yang beredar di pasaran tersebut justru membuat pengguna kebingungan. Alasannya, kadang mereka tidak bisa menentukan pilihan yang tepat saat akan membeli produk powerbank untuk gadget yang mereka miliki.

Sebagai pemimpin utama di era digital, ASUS juga menghadirkan produk powerbank berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pengguna seperti di atas. Dengan berbagai riset dan feedback dari pengguna setia, ASUS akhirnya memperkenalkan ASUS ZenPower Pro yang merupakan generasi penerus dari ASUS ZenPower yang fenomenal.

Powerbank 10.050mAh Berukuran Ringkas

Sebuah powerbank haruslah mudah dibawa kemanapun dan disimpan di manapun. Sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah perangkat powerbank, ada baiknya kita memperhatikan ukuran dari powerbank itu. Pasalnya, tentunya perangkat ini akan menambah penuh kantong ataupun tas jinjing kita kalau ukurannya terlalu besar.

Biasanya, semakin besar kapasitas penyimpanan baterai sebuah powerbank, maka semakin besar pula ukuran dari powerbank tersebut. Bakan ada beberapa model powerbank yang ukurannya sudah sebesar kotak pensil seperti yang dijual bebas di toko buku.

Ukuran sebesar kartu kredit adalah jawaban yang diberikan ASUS. Dengan ukuran sebesar 100×59.6mm, tentu saja powerbank ini akan sangat kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Pengguna tidak perlu khawatir akan space yang dibutuhkan untuk menyimpan powerbank ini karena ia bisa dimasukkan ke dalam saku celana. Artinya, dari sisi dimensi, ASUS ZenPower Pro sangatlah compact. Sangat cocok untuk menemani kita dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Dari sisi kapasitas simpan baterai, ukuran daya yang ditawarkan juga terbilang besar untuk ukuran bentuk yang compact. Sama seperti sebelumnya, daya yang ditawarkan oleh ASUS ZenPower Pro adalah sebesar 10.050mAh.

ASUS ZenPower Pro (1)

Saya sendiri sudah mencoba berapa kali menggunakan ASUS ZenPower Pro ini untuk mengisi daya baterai ASUS Zenfone 2. Hasilnya, ASUS ZenPower Pro mampu mengisi daya sebanyak dua kali dan masih ada sisa daya untuk mengisi gadget lain. Jadi, bisa ditarik kesimpulan, powerbank ini lebih dari cukup untuk menemani smartphone kesayangan kita dalam melewati berbagai aktivitas keseharian.

Desain Ergonomis dengan Zen Design

Secara keseluruhan saya sendiri sangat menyukai desain yang dibawa oleh ASUS ZenPower Pro. Bukan karena hanya ukurannya yang baik, tetapi juga karena bahan pembalut bodi yang diusung sangatlah menarik, yaitu aluminium ringan.

Dengan adanya bahan pelindung aluminium yang jelas lebih kuat dibandingkan dengan powerbank ber-casing plastik, ASUS ZenPower Pro juga mampu meASUS ZenPower Pro (2)mperlihatkan desain yang elegan dan ergonomis. Dari jauh saja sudah kelihatan bahwa ia tampak seperti produk powerbank premium.

Selain itu, ASUS ZenPower PRO datang dengan 3 varian warna yaitu Osmium Black, Sheer Grey, dan Glamor Pink. Dengan begitu, para pengguna setia ASUS atau para pencari powerbank bisa memilih warna sesuai dengan warna favorit yang disukai.

Mendukung Qualcomm Quick Charging 2.0 dan Dual Output USB

Banyak di antara kita saat ini memiliki lebih dari satu gadget yang kita bawa kemana-mana. Penulis sendiri memiliki lebih dari satu smartphone untuk kebutuhan personal dan kerja. Untuk itu, penulis memerlukan sebuah powerbank yang mampu mengisi daya gadget dengan cepat. Selain itu, powerbank juga harus mendukung 2 output agar bisa sekaligus mengisi sekaligus kedua gadget yang dibawa.

ASUS ZenPower Pro mampu menjawab permasalahan yang penulis hadapi. Dengan hadirnya dual USB output, maka penulis bisa merasa lega karena kedua gadget milik penulis bisa secara bersamaan diisi dayanya. Selain itu, tidak perlu menunggu waktu yang lama juga, karena powerbank ini sudah mendukung Qualcomm Quick Charging 2.0. Selain itu, kedua output juga mendukung daya keluar hingga 2.4A, yang berarti powerbank ini mampu mengisi daya komputer tablet.

ASUS ZenPower Pro (3)

Jika kita bandingkan dengan powerbank merek lain yang hanya menyediakan output sebesar 1A hingga 2A, maka ASUS ZenPower Pro menjadi pilihan terbaik bagi Kamu yang juga menggunakan komputer tablet. Meski bisa jadi tidak dapat mengisi daya komputer tablet dengan cepat, tetapi setidaknya powerbank ini masih mampu digunakan untuk mengisi daya baterainya.

Selain itu, dari informasi pihak ASUS, socket yang ada di ZenPower Pro juga sudah menjalani tes yang berat. Dari pengujian internal, socket yang ada mampu mengakomodir lebih dari 5.000 kali penggunaan sehingga kita tidak akan menemukan socket yang mudah rusak di powerbank ini. Jika diasumsikan bahwa dalam waktu satu hari kita melakukan hingga tiga kali penggunaan, maka socket tersebut akan tetap berfungsi normal hingga 4,5 tahun ke depan.

Fitur Proteksi dan Keamanan Menyeluruh

Menggunakan powerbank memiliki resiko yang besar jika produk powerbank tersebut tidak dilengkapi fitur proteksi yang memumpuni. Bisa-bisa yang menjadi korban adalah gadget kesayangan kita.  ASUS ZenPower Pro dilengkapi dengan berbagai fitur protektif agar gadget kesayangan kita tidak mengalami kerusakan. Total ada 11 fitur proteksi yang disediakan oleh ASUS. 

Temperature protection

Efek panas saat sel baterai diisi ulang dapat merusak baterai itu sendiri. Di sini ASUS mendesain sistem yang menjaga suhu baterai lithium agar tetap dalam kisaran yang aman.

Short circuit protection

Guna mencegah korsleting akibat arus pendek, ZenPower memiliki detektor yang akan memutus jalur koneksi sehingga kejadian tersebut tak menyebabkan kerusakan.

Reset protection

Tombol power di ZenPower juga berguna untuk melakukan reset ketika powerbank mengalami masalah. Feature ini jarang dimiliki powerbank pada umumnya.

Input over voltage protection

Fitur yang mampu mendeteksi tegangan input/masuk. Jika melebihi batas maka ZenPower akan mati secara otomatis agar powerbank dan gadget terhindar dari kerusakan.

Output over voltage protection

Fitur yang mampu mendeteksi tegangan output dari ZenPower yang mencegah gadget rusak dari output tegangan yang tidak normal.

Input reserve direction protection

Saat kabel charger terhubung sekaligus ke input dan output maka ZenPower akan mematikan daya dan memunculkan indikator peringatan, ini demi mencegah terjadinya setrum yang membahayakan pengguna.

Over charge / over discharge protection

Saat pengisian daya penuh, ZenPower akan mematikan proses pengisian yang dapat menyebabkan baterai kelebihan atau kehabisan muatan sehingga baterai gadget lebih berumur panjang.

Output over current protection

Untuk mengamankan gadget, ZenPower pun akan menghentikan arus output yang tidak normal (fluktuasi).

Cell PTC protection

Fitur ini dengan cepat mendeteksi suhu baterai. Jika terlalu panas maka proses charging akan dihentikan saat itu juga guna mencegah kerusakan lebih lanjut.

Adapter protection

ASUS PowerSafe Technology juga mampu memastikan konektor/kabel yang digunakan berada pada suhu yang aman saat proses charging berlangsung.

JEITA protection.

Teknologi cerdas berikutnya yang memonitor perubahan suhu dan menyesuaikan arus listrik pengisian sehingga powerbank ZenPower 1,8X lebih awet dibandingkan powerbank lainnya.

Cylindrical Rechargeable Lithium Ion

Dengan banyaknya produk powerbank di pasaran, kita mungkin kebingungan untuk mencari tahu bagaimana kualitas dari sebuah powerbank. Selain merek dan kelengkapan fitur keamanan, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah battery cell yang dipasang di dalamnya. Ini tentu wajib diperhatikan juga.

Beberapa kasus di luar, dan telah terjadi juga di Indonesia, mengambarkan bagaimana sebuah produk powerbank tidak mampu memberikan apa yang dijanjikan. Khususnya karena battery cell yang digunakan tidak berkualitas. Ada yang hanya bisa dipakai 1 kali pengisian daya saja, ada juga yang bahkan tidak sampai penuh. Ini adalah masalah dari kualitas battery cell yang digunakan oleh powerbank.

ASUS sendiri memastikan bahwa produknya memiliki battery cell yang terbaik. Ini terlihat dari hadirnya battery cell jenis Cylindrical Rechargeable Lithium Ion dengan kualitas yang sangat baik. ASUS ZenPower Pro juga memastikan masa pakai yang lebih lama dari battery cell lainnya yang digunakan oleh kompetitor.

Hadirnya LED Flash

Berbeda dari ZenPower sebelumnya, ASUS ZenPower Pro sudah dilengkapi dengan LED Flash. Kenapa fitur ini dihadirkan ASUS? Kemungkinan besar karena ASUS ingin powerbank ini bisa digunakan juga untuk hal lain juga, selain mengisi daya smartphone kita.

Berkat adanya LED Flash ini, penulis sangat terbantu ketika sedang berada di ruangan minim cahaya. Penulis jadi bisa tetap membaca buku di kamar tanpa harus menggunakan lampu utama. Ketika sedang camping di gunung atau hutan, ASUS ZenPower Pro juga akan sangat berguna jika sewaktu-waktu senter yang kita pakai padam atau rusak.

ASUS ZenPower Pro (4)

Menurut saya, ASUS ZenPower Pro ini merupakan powerbank baru yang berkualitas yang siap menemani pengguna dan gadget kesayangannya. Komitmen ASUS dalam menjaga kualitas dan tetap berinovasi dalam menghasilkan berbagai produk baru juga tergambar pada powerbank ini. Untuk kamu yang berminat memiliki ASUS ZenPower Pro ini, saat ini  sudah bisa didapatkan di toko-toko yang menjual produk ASUS dengan harga Rp. 399.000,- 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

One reply on “ASUS ZenPower Pro, Power Bank Dengan Fitur Quick Charging dan LED”