Di zaman yang serba canggih ini tidak ada satupun manusia di bumi ini khususnya penduduk kota yang tidak melakukan interaksi dengan alat-alat elektronik. Iya, semua kegiatan manusia bahkan di dominasi oleh alat elektronik. Jaman memang telah mengubah tingkah laku dan pola pikir manusia. Tapi setidaknya banyak hal postif yang bisa diambil, salah satunya adalah dengan berkembangannya jaman, pekerjaan manusia lebih termudahkan.
Berbicara tentang alat elektronik, tentu kita juga harus mengenal siapa yang berperan penting dalam pembuatan alat-alat tersebut. Mereka adalah sang penemu alat elektronik tersebut, dan perusahaan yang memproduksinya. Tanpa keduanya, tentu tidak akan pernah ada alat-alat elektronik yang begitu canggih seperti sekarang ini.
Melihat Lebih Dekat Sharp Takumi Factory
Sharp Head Office. Osaka, Japan (source : www.wikimedia.org)
PT. SHARP Electronics Indonesia, adalah salah satu perusahaan produsen alat-alat eletronik terbaik di Indonesia. PT. SHARP Electronics Indonesia sendiri berada dibawah naungan Sharp Corporation yang berpusat di Osaka, Jepang. Brand ini jelas tidak asing lagi bagi banyak orang. Tentu kita sudah sering melihat produk-produk elektronik dengan label Sharp. Sebut saja Televisi, Mesin Cuci, Lemari Es, Air Conditioner, Microwave, dan masih banyak lagi.
Pada tahun 2012 lalu, PT. SHARP Electronics Indonesia kembali melebarkan sayapnya, Sebuah  pabrik baru dibuka di Karawang International Industry City. Dengan luas 31 hektar,  pabrik ini terdiri atas dua fasilitas utama, yaitu pabrik mesin cuci seluas 11.627.888 M2 dan pabrik lemari es seluas 27.616.300 M2. Pabrik ini diberi nama  Takumi Factory, Takumi sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya “AHLI”. Maksudnya adalah orang yang telah terlatih dan mahir mengerjakan sesuatu hingga mendekati kesempurnaan. Dengan kata lain, karyawan yang bekerja di PT. Sharp ini adalah orang-orang yang terlatih dan benar-benar alhi dalam bidangnya.

 

Berikut faslitas yang terdapat di Takumi Factory :

 

1.Fasilitas Pabrik
Berdasarkan informasi yang didapat dari situs website PT. SHARP Electronics Indonesia, di Takumi Factory dilengkapi dengan Production Control System baru, teknologi canggih seperti Automated Guided Vehicle (AGV) dan berbagai fasilitas lainnya. Production control System memungkinkan update proses produksi di setiap lini produksi, setiap saat. Sementara AGV menghemat banyak waktu dan tenaga untuk transportasi dari gudang ke bagian produksi.
Pabrik ini menerapkan prinsip Green Factory yang mana seluruh bagian parbik di desain se-unik mungkin untuk menghemat penggunaan energi. Dilengkapi dengan hutan mini menyerap dan mengurangi pelepasan CO2 ke udara, menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis, mengurangi kebisingan dan penahan angin.
Sharp Takumi Factory
2. Fasilitas Karyawan
Perusahaan-perusahaan besar memang selalu mengutamakan kenyamanan karyawannya. Begitu juga dengan Takumi Factory. Disini karyawan begitu dimanjakan dengan fasilitas yang sangat memadai, Mulai dari Masjid, Klinik Kesehatan, Kantin, Koperasi, Showroom dan lapangan sepak bola. Bahkan disini, karyawan bisa mengusulkan fasilitas yang diinginkan sesuai kebutuhan mereka, wow!
Sharp Takumi Factory
3. Pabrik Mesin Cuci
 Seperti kita ketahui bersama Keahlian karyawan dan kemampuan bekerja secara akurat dan cepat merupakan modal utama untuk mencapai kualitas tinggi sesuai dengan standar. Tentunya dilengkapi dengan divisi Quality Control memegang peranan yang amat penting untuk memastikan produk terbik yang dihasikan di pabrik mesin cuci Sharp.
Di Takumi Factory Kapasitas produksi mesin cuci  adalah sebesar 1.680.000 pertahun atau sekitar 2,5 kali kapasitas produksi di pabrik yang ada di Pulogadung.
Sharp Takumi Factory
4. Pabrik Lemari Es
Dibandingkan dengan proses pembuatan mesin cuci, Pembuatan lemari es lebih rumit prosenya. Hal ini menuntut, bahwa orang yang mengerjakannya adalah alhi di bidang pembuatan lemari es. dan tentunya ketelitian dan kecepatan kerja menjadi prioritas utama bagi para karyawan.
Di Takuma Factory ini quality control langsung terintegrasi dengan proses produksi, sehingga memungkinkan tercapainya standar kualitas terbaik. Dukungan teknologi yang makin canggih memungkinkan pabrik baru ini menciptakan lemari es berkualitas tinggi dengan kapasitas produksi lebih besar dari sebelumnya.
Sharp Takumi Factory
****
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis di Blog bersama PT. SHARP Electronics Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

One reply on “Melihat Lebih Dekat Sharp Takumi Factory”