Pagi ini saya mendapat sebuah pelajaran berharga dari sebuah Laporan Kuliah Kerja Praktek yang di revisi. Dari revisi laporan tersebut, saya mendapatkan sebuah solusi atas sebuah masalah yang sempat membuat saya kebingungan beberapa hari.
Sekitar seminggu yang lalu, laptop saya diserang habis-habisan oleh sekelompok virus tak bertanggung jawab, akibatnya saya harus men-scan laptop ini, dan hasilnya adalah tambah parah. Banyak sekali registry yang terinfeksi virus, dan oleh si antivirus semua file dan registry yang terinfeksi akan dihapus habis.

Tahukan anda apa yang terjadi selanjutnya? setelah banyak registry terinfeksi dihapus habis oleh si antivirus? Iya, laptop saya malah semakin sakit, setiap kali dinyalakan ada saja pesan error yang muncul, hal ini disebabkan oleh hilangnya beberapa file pelengkap aplikasi yang jelas telah dihapus oleh antivirus. Tentu saja untuk menghilangkan pesan-pesan error tersebut, saya harus meng-uninstall aplikasi yang bersangkutan. Benar saja, pesan error hilang, tapi muncul masalah baru, semua huruf yang bersifat notifikasi di laptop berubah menjadi miring (italic) dan semua huruf di browser berbubah menjadi tebal (bold).

Cara Mengatasi Fonts Windows Yang Berubah Tebal Dan Miring.
Fonts yang berubah menjadi miring, padahal sebenanrnya regular.

Fatalnya adalah, semua file laporan yang harus direvisi hurufnya berubah menjadi miring seperti diagram diatas, tentu saja saat dicetak, hurufnya akan tetap miring, hal ini jelas menyalahi aturan penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek.

Lalu bagaimana solusi untuk memecahkan masalah ini? tenang saja, setiap masalah ada untuk dicari solusi pemecahannya, berikut saya berikan sedikit tips untuk mengembalikan fonts komputer yang berubah menjadi bold dan italic, silahkan disimak.

Cara Mengatasi Fonts Windows Yang Berubah Tebal Dan Miring :

  1. Download terlebih dahulu fonts bawaan windows ~ Download
  2. Ekstrak file fonts yang telah di download tadi
  3. Copy dan Paste semua file fonts tersebut ke C:WindowsFonts, Jika ada pesan notifikasi bahwa sudah ada fonts yang sama, klik saja OK, dan pilih Replace Fonts

Sejauh ini seharusnya huruf yang miring dan tebal tadi telah kembali ke keadaan semula. Sedikit tambahan dari saya, berubahnya fonts menjadi bold dan italic tidak saja disebabkan oleh hilangnya registry atau masalah semacamnya, ketika anda mencoba meng-uninstall beberapa aplikasi juga mempengaruhi fonts tersebut.
Sekian tulisan hari ini, semoga bermamfaat, salam! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 replies on “Cara Mengatasi Fonts Windows Yang Berubah Tebal Dan Miring”

  • January 20, 2014 at 9:17 am

    Terima kasih infonya kang…

    • January 20, 2014 at 3:39 pm

      samasama, thx udah rutin berkunjung 🙂

  • October 14, 2016 at 3:05 pm

    good info…semoga bermanfaat

  • October 14, 2016 at 3:06 pm

    trims gan dah kembali normal, nice info

  • August 19, 2018 at 8:10 am

    alhamdulilah sudah bisa kang, terima kasih
    Untuk short link itu terlalu banyak kang, kasian bagi yang tidak tau pasti bakalan kesasar.