Berkesempatan untuk menjalani study in New Zealand merupakan hal yang harus dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin. Sebab, hal ini dapat menentukan masa depan anda di kemudian hari. Apabila kesempatan ini dimanfaatkan dengan optimal, maka pengalaman belajar yang sangat berharga dan ilmu pendidikan yang berkualitas dapat anda raih sebagai modal untuk meniti karir. Oleh sebab itu, lakukanlah persiapan dan pertimbangkan beberapa hal di bawah ini dengan baik agar pendidikan yang akan anda tempuh di New Zealand dapat berjalan semaksimal mungkin, yaitu:
1. Tujuan kuliah
Mengenali dan memastikan tujuan anda untuk berkuliah di New Zealand atau Selandia Baru harus anda lakukan dari jauh hari sebelum mempersiapkan kuliah dilakukan supaya anda dapat memastikan langkah demi langkah yang akan anda lakukan selama di sana. Tujuan kuliah juga akan membuat anda semakin terpacu untuk semangat menjalani hari-hari selama berkuliah. Dengan memastikan tujuan kuliah, cita-cita, impian dan harapan yang anda bangun sejak awal, maka kesempatan kuliah di Selandia Baru akan semakin terasa mengesankan dan akan dimanfaatkan secara maksimal.
2. Tekad dan mental
Pastikanlah anda telah siap mental dan juga siap untuk pergi ke New Zealand dalam rangka menempuh pendidikan dengan baik dan optimal. Pastikanlah fisik dan mental anda telah matang untuk menjalani hari-hari di tempat yang baru dengan lingkungan dan suasana yang belum pernah anda hadapi sebelumnya. Anda pasti dihadapkan dengan situasi dan kondisi merindukan keluarga, rumah dan kerabat di tanah air. Anda juga akan merindukan makanan Indonesia dan harus bisa menyesuaikan lidah dengan makanan asing. Namun kembali lagi pada tujuan awal, anda pasti bisa melalui semuanya dengan baik dan menjadikan hal tersebut sebagai pengalaman baru yang menarik.
Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Kuliah di New Zealand
Massey University, New Zealand
3. Gali informasi sebanyak-banyaknya

Mencari tahu informasi seputar universitas yang anda tuju, jurusan program studi yang anda pilih dan berbagai keperluan kuliah lainnya harus dilakukan dengan baik dan dipertimbangkan dengan matang. Lokasi, jarak, iklim, cuaca, kondisi alam dan lain sebagainya harus anda perhatikan dengan sangat detail dan juga tepat. Selain itu, anda juga perlu menelusuri situs yang memberikan gambaran mengenai akomodasi, biaya hidup dan kebudayaan di New Zealand yang perlu anda pelajari sehingga anda dapat membayangkan seperti apa suasana kehidupan di sana ketika anda kuliah nanti.

Baca Juga: Trik Mudah Mencari Pekerjaan Secara Online

4. Kenali lingkungan, pahami kebudayaan dan hindari sikap anti sosial
Dalam menjalani kehidupan di lingkungan yang baru, kita harus bersikap hati-hati dan waspada dalam memilih pergaulan dan menerima kebudayaan suatu lingkungan. Namun bukan berarti anda harus menutup diri untuk tidak bergaul dan menikmati kehidupan di Selandia Baru bersama teman-teman kuliah. Sebaiknya, kenalilah lingkungan sekitar, pahami kebudayaannya dan hindari sikap anti sosial. Bersikaplah dengan ramah dan baik pada semua orang supaya kehidupan yang anda jalani berjalan sempurna selama menempuh pendidikan di sana.

Baca Juga: Pentingnya LinkedIn dalam Mendukung Perkembangan Karir

Satu lagi yang terakhir, pertimbangkanlah sistem pendidikan di luar negeri dan biaya hidup yang akan anda keluarkan selama menempuh kuliah di New Zealand supaya semua aktivitas kehidupan, akomodasi, transportasi, kebutuhan kuliah dan lainnya dapat dipenuhi dengan baik. Dengan kata lain, persiapan merupakan salah satu hal penting yang akan sangat mempengaruhi keberlangsungan proses belajar anda di lingkungan yang baru sehingga seluruh bentuk persiapan harus dilakukan dengan baik agar kesempatan menempuh pendidikan di Selandia Baru menghasilkan pengalaman belajar yang bermanfaat di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.