Kawasan Jakarta Selatan merupakan salah satu lokasi favorit untuk dijadikan tempat tinggal. Dengan luas kawasan sekitar 141,27 km2,, Kawasan ini menjadi pusat lokasi bisnis yang strategis. Sebut saja kawasan Jalan Sudirman dan kawasan Kuningan terkenal sebagai wilayah pusat perkantoran perusahaan-perusahaan ternama. Tak ayal wilayah Jakarta selatan sangat strategis untuk dijadikan tempat tinggal. Dengan situasi tersebut, tentu saja harga rumah dan hunian lain di kawasan Jakarta selatan tidak murah dan sangat kompetitif. Kawasan Jakarta selatan ini dibagi dalam 10 kecamatan yakni Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Pesanggrahan,, Cilandak, Pasar Minggu, Jagakarsa, Mampang Prapatan, Pancoran, Tebet dan Setiabudi.

Dibawah ini, saya mencoba membagikan tips untuk kamu  yang berencana untuk mencari rumah dijual di Jakarta Selatan maupun ingin membeli rumah di kawasan Jakarta Selatan dengan mengenali karakteristik kawasan rumah di masing-masing kecamatan di Jakarta Selatan.

1. Setiabudi

Kecamatan setiabudi terletak di tengah jalan utama pusat perkantoran yakni Jalan Sudirman dan Jalan Rasuna Said. Kawasan ini salah satu yang paling strategis di Jakarta dan tentunya harga properti cukup mahal. Akses ke lokasi ini pun bisa ditempuh dengan naik Transjakarta yang membentang di Jalan Sudirman maupun Jalan Rasuna Said. Untuk akses ke pusat kota seperti Grand Indonesia dan Monas juga sangat mudah hanya berkisar 15-20 menti tergantung tingkat kemacetan. Rumah di kawasan ini juga banyak dijadikan hunian kos untuk para pekerja yang berkantor di Sudirman dan Kuningan. Jadi selain berinvestasi untuk hunian, Kamu bisa membeli rumah untuk keperluan bisnis kos/sewa rumah.

2. Tebet

Kawasan tebet terkenal dengan pusat kuliner, restoran dan kafe serta geliat kaum mudanya. Kawasan huniannya pun nyaman dan jalanannya pun rindang dengan pepohonan. Meskipun bukan berupa kompleks perumahan, namun suasana hunian rumah di Tebet aman dan teratur. Akses jalan ke wilayah ini tak jauh dari kawasan segitiga emas Kuningan dan juga berbatasan dengan wilayah Jakarta Selatan.

3. Mampang Prapatan

Kawasan rumah di Mampang Prapatan juga nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Sebut saja kawasan Jalan Bangka dan Pondok Jaya yang merupakan wilayah hunian dengan suasana seperti perumahan. Akses kawasan ini juga cukup strategis karena dilalui Transjakarta jalur Ragunan – Dukuh Atas. Di kawasan ini juga terdapat daerah Kemang yang terkenal dengan pusat kuliner, restoran berkelas, hiburan malam dan butik-butik elit.

rumah dijual di Jakarta Selatan
Jalan Mampang Prapatan
4. Kebayoran Baru
Letaknya tak jauh dari kawasan Sudirman dan Senayan. Area Kebayoran Baru seperti Jalan Gunung, Wijaya, Dharmwangsa, Panglima Polim merupakan wilayah yang aman dan nyaman untuk hunian. Rumah-rumah di wilayah ini pun dikenal dengan tipe rumah menengah ke atas. Lokasinya cukup tenang namun aksesnya sangat mudah. Meski beberapa titik tidak dilalui oleh jalur Transjakarta, namun kawasan ini dekat dengan Terminal Bis Pusat Blok M yang menghubungkan trayek bis ke seluruh penjuru jakrta dan beberapa wilayah luar kota seperti Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi.
5. Pancoran

Terkenal dengan ikon Patung Pancoran, kawasan ini juga sangat strategis karena dekat dengan akses ke jalan MT Haryono yangt juga merupakan pusat perkantoran. Akses ke wilayah ini juga dilalui oleh Transjakrta.

6. Kebayoran Lama

Kawasan kebayoran lama berbatasan langsung dengan Kebayoran Baru dan Blok M. Wilayah ini juga masih terbilang strategis karena akses angkutan publik bisa dijangkau dengan metromini maupun angkutan lain. Di kawasan ini terletak salah satu wilayah hunian prestisius di Jakarta, yakni Pondok Indah yang juga lengkap dengan pusat perbelanjaan besar yakni Pondok Indah Mall dan Gandaria City. Kawasan kebayoran lama ini di sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Tangerang Selatan seperti Ciledug dan di sebelah barat berbatasan langsung dengan wilayah Palmerah.

7. Pasar Minggu

Pasar minggu adalah salah satu wilayah di Jakarta yang dekat dengan wilayah. Akses ke wilayah ini agak macet tapi sangat terbantu dengan moda transportasi Commuter Line yang melintas di wilayah ini trayek Jakarta – Bogor. Hunian di wilayah ini pun terbilang nyaman dan dekat dengan lokasi Pasar Minggu yang merupakan salah satu pasar kebutuhan pokok besar di Jakarta.

8. Cilandak

Kawasan Cilandak berbatasan dengan kecamatan Mampang Prapatan dan di sebelah selatan dengan kawasan Pasar Minggu. Lokasinya tenang dan masih terbilang strategis meskipun moda transportasi public yang mencapai wilayah ini adalah Kopaja. Untuk memenuhi kebutuhan lifestyle, kamu tak perlu khawatir karena kawasan ini masih dekat dengan wilayah Kemang.

9. Jagakarsa

Kawasan ini dekat dengan kota sebelah Jakarta yakni Depok dan dekat pula aksesnya dengan dua pusat pendidikan ternama yakni Universitas Indonesia dan Universitas Pancasila. Meski akses jalan macet saat Rush Hour, namun hunian di wilayah ini nyaman dan terbilang bebas banjir. Untuk akses angkutan publik, wilayah ini dapat dijangkau dengan commuter line maupun angkutan umum lain.

10. Pesanggrahan
Kecamatan Pesanggarahan berbatasan dengan kecamatan Kebayoran Lama. Lokasinya terbilang jauh dari pusat kota namun profil hunian di wilayah ini aman dan nyaman. Salah satu yang terkenal adalah kawasan Bintaro. Untuk akses ke dalam kota dan wilayah lain, kamu dapat memanfaatkan tol lingkar luar Jakarta. Untuk transportasi publik, kawasan ini bisa diakses menggunakan metromini atau jenis angkutan umum lain serta Commuter Line trayek Tanah Abang – Serpong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

One reply on “Karakteristik Lokasi Rumah di Kawasan Strategis Jakarta Selatan”