Cara Mudah Membuat Blog Kamu Menjadi Ramai Pengunjung

Beberapa waktu yang lalu saya diminta untuk menjadi narasumber dalam sebuah diskusi grup Blogger, tepatnya di komunitas Warung Blogger. Diskusi ini membahas tentang cara yang paling mudah untuk melakukan optimalisasi blog sehingga menjadi ramai pengunjung.

Sebenarnya untuk membuat blog menjadi cukup ramai tidaklah sulit, asal kita mengerti konsep-konsep yang digunakan untuk mendatangkan pengunjung secara alami. Mengapa saya mengatakan alami? karena memang ada cara yang tidak alami, cara yang instan mendatangkan pengunjung ke blog, namun pengunjung juga pergi setelah beberapa detik masuk ke blog.

Mendatangkan pengujung dengan metode autosurfing, mungkin beberapa teman blogger sudah ada yang mengetahu metode ini. Dengan autosurfing, dalam sekejap kita dapat mendatangkan ratusan pengujung tanpa harus repot promosi kesana kemari. Tapi hasil yang didapatkan tidak ada, artikel kamu tidak dibaca, pengujung ini hanya sekedar lewat beberapa detik, karena mereka hanyalah bot perayap.

Dibawah ini saya akan memberikan sedikit langkah, bagaimana cara termudah untuk mendatangkan pengunjung ke blog kamu secara alami tentunya. Pengunjung blog yang benar-benar manusia, yang benar-benar membaca tulisan kamu.

Membuat Artikel yang Bermanfaat

Yang utama dari yang terutama dalam sebuah blog ada konten atau artikel. Orang membuka blog kamu tentu ingin membaca apa yang ditulis disana bukan? Buatlah konten yang bermanfaat, belajar menulis dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Tulislah hal-hal yang banyak dicari orang, dapat berupa problem solving ataupun informasi paling dicari dalam waktu tertentu. Kebanyakan pembaca membuka blog kita karena ingin mendapatkan solusi berdasarkan artikel yang kita buat. Selain itu gunakan judul yang unik agar dapat menarik hati lebih banyak pembaca.

Menulis artikel yang bermanfaat untuk orang lain

Pelajari teknik dasar SEO

Search Engine Optimization atau yang lebih kenal dengan SEO adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan pengunjung blog kita dari mesin pencari. Sebagai Blogger kamu harus mengerti atau setidaknya paham konsep dasar dari SEO itu sendiri.

Dengan mempelajari teknik SEO, artikel blog kamu akan banyak masuk index google dan tentunya banyak pengunjung blog kamu yang masuk lewat mesin pencari. Saya sudah menulis artikel tentang Tips Ampuh Agar Artikel Cepat Terindex Google, kamu dapat mengklik link tersebut untuk penjelasan detailnya.

Sumbit Blog ke Google Webmaster

Dengan submit artikel di google webmaster, tentunya lama kelamaan artikel kita akan muncul dalam kotak pencarian google, yang mana, dari sanalah akan meraup banyak sekali pembaca-pembaca baru di blog kita. Cara ini kedengarannya agak rumit, dan tentunya asing bagi kita para blogger personal, para blogger yang hanya menulis sekedar untuk menulis.

Berbeda dengan para blogger senior, para blogger yang menulis untuk menghasilkan uang dari blog, pasti jelas sudah memahami trik ini. Kenapa harus submit artikel ke google webmaster? baca lagi point 1, jika kita telah menulis artikel yang lebih bermutu, dan kita hanya mengharapkan pengujung datang dari link yang kita bagikan langsung ke orang tersebut, tentu kenaikan pengunjung akan waktu lama.

Membuat Desain Blog yang Menarik

Jika kamu sudah menguasai beberapa teknik diatas, langkah selanjutnya adalah merapikan tampilan blog agar semua pembaca blog kamu merasa nyaman. Buatlah menu-menu navigasi yang tersusun rapi, hindari penggunaan widget yang terlalu banyak di blog, pastikan warna-warna yang kamu gunakan tidak membuat sakit mata calon pembaca serta gunakan template yang tidak membuat loading blog kamu menjadi berat.

Menyesuaikan desain blog

Pemilihan template, widget, serta pluginh menjadi poin yang cukup penting untuk membuat pengujung blog betah membaca isi artikel blog kamu. Pastikan kamu menggunakan template dan widget yang tidak membuat loading blog menjadi berat. Untuk lebih lengkapnya kamu dapat membaca artikel tentang Cara Mempercepat Loading Blog.

Maksimalkan  Internal Link dan Backlink

Internal link adalah salah satu cara menurunkan bounce rate di blog kamu. Dengan menyusun internal yang rapi kita dapat menahan lebih banyak pengunjung di blog. Internal link layaknya jembatan yang menhubungkan artikel satu ke artikel lainnya di dalam blog yang sama.
Selain itu kamu juga dapat mencoba membangun eksternal link atau backlink dari situs-situs lainnya.

Backlink ini tentu berguna menaikan pengunjung juga ke blog, selain itu backlink juga mempengaruhi ranking blog kamu. Cobalah sesekali submit artikel ke berbagai sosial bookmarking dan sosial media.

Giveaway dan Komunitas

Giveaway (lomba blog) adalah salah satu cara paling ampuh untuk membuat blogmu menjadi ramai dalam sekejap namun tidak hilang dalam sekejap juga. Cobalah sesekali untuk membuat sebuah event lomba blog, mengeluarkan sedikit biaya untuk meramaikan blog kamu tidaklah salah. Jika tidak ingin keluar biaya, cobalah untuk mengajukan proposal untuk menjadi sponsor ke berbagai perusahaan.

Selain itu kamu juga dapat mencoba bergabung dengan berbagai komunitas penulis terutama komunitas Blogger. Dengan bergabung dengan komunitas blogger, kita akan mengetahui banyak hal seputar menulis, desain blog, dan lain sebagainya, silahkan bergabung dengan komunitas yang kamu anggap jiwamu nyaman disitu.

Nah, diatas itu adalah beberapa langkah mudah untuk membuat blog kamu menjadi cukup ramai. Jika kamu sudah mencoba melakukan semua langkah diatas namun belum terlihat perubahan pada lalu lintas pengunjung blog, coba lihat lagi apakah semua langkah sudah dilakukan dengan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

24 replies on “Cara Mudah Membuat Blog Kamu Menjadi Ramai Pengunjung”

  • January 9, 2015 at 4:43 am

    Cara nyari backlink yg bagus gimana?

    • January 9, 2015 at 10:02 am

      Nanam di blog-blog yang punya PR tinggi, boleh juga di blog-blog dengan domain spesial (.EDU, .GOV). Di google banyak tutorial 😀

  • January 9, 2015 at 4:45 am

    yang paling penting harus berbagi pengetahuan/pengalaman yang bermanfaat, maka orang akan dengan senang hati berkomentar di postingan blog. apalagi kalo kita rajin blogwalking 🙂

    • January 9, 2015 at 10:03 am

      Benar sekali kak, itulah alasan mengapa konten adalah raja. Jika tulisan kita memberikan manfaat untuk orang lain, tentu orang lain akan kembali dengan sendirinya ke blog kita 🙂

  • January 9, 2015 at 10:44 am

    Tipsnya mantap, perlu dicoba… salam kenal aku @kakdidik13

  • January 9, 2015 at 10:54 am

    wah omah antik dapat masukan berarti nih dengan SEO yang dikupas disini 🙂

  • January 9, 2015 at 10:55 am

    Cara tak lazim lainnya adalah dengan menggunakan situs social bookmark. memang traffic cepat, namun aku sendiri nggak suka memakainya. Karena menurut analisaku, traffic segitu dikarenakan robot.

    • January 9, 2015 at 1:05 pm

      Iya benar mas, mungkin untuk beberapa sosbok ya. Tapi untuk sosbok serupa lintas.me, viva log sepertinya manusia asli mas 🙂

    • May 9, 2015 at 8:01 pm

      Ndak juga sih mas, menggunakan lintas.me memang terbukti dapat meningkatkan traffic kalau judul pos unik. 🙂

      • Febriyan Lukito
        January 7, 2017 at 1:30 am

        Sayangnya LintasMe sekarang dah gak ada ya mas Jeffry. 😀

  • January 9, 2015 at 3:02 pm

    Makasih sharingnya, Mas Andre.

    Mau tanya, teknik dasar SEO yang bagaimana yang harus dikuasai blog gado-gado (blog yang isinya macam2)?

  • January 10, 2015 at 12:46 am

    Di samping itu perlu juga kesabaran ya mas? Sebab hasil dari cara tersebut butuh waktu juga…Terima kasih atas sharingnya, mas…

  • January 10, 2015 at 1:28 am

    Semua sudah saya coba, dan hasilnya positif berhasil semua…

    • January 10, 2015 at 3:21 am

      Hehe, memang benar mas. Karena cara yang kita gunakan adalah cara yang lazim 😀

  • January 10, 2015 at 2:01 am

    pagi mas… artikel ini menarik sekali namun saya ingin bertanya usia blog berapa bulan ya mas kira kira agar ramai dan stabil?

    mas, mas bagi yang suka memasak, terutama masakan jawa seperti telur bacem bisa check juga ya kesini..
    resep cara membuat telur bacem

  • January 10, 2015 at 2:03 am

    pagi mas… artikel ini menarik sekali namun saya ingin bertanya usia blog berapa bulan ya mas kira kira agar ramai dan stabil?

    mas, mas bagi yang suka memasak, terutama masakan jawa seperti telur bacem bisa check juga ya kesini..

    resep cara membuat telur bacem

    http://jawaresep.blogspot.com/2014/09/resep-cara-membuat-telur-bacem-lezat.html

    • January 10, 2015 at 3:22 am

      Sebenarnya tidak ada minimal umur khusus, selama kita rajin update dan melakukan optimasi dengan benar, semuanya pasti stabil 🙂

  • January 10, 2015 at 4:10 am

    Makasih babang :p

  • January 10, 2015 at 2:59 pm

    ternyata caranya sederhana ya mas? blog saya, walau jarang update jg, hampir stabil rata2 perhari ada 50-60 klik yg berasal dari search engine. padahal menurutku kualitas tulisan biasa aja. dan sekarang mau lagi diseriusin nulisnya sih… 🙂 salam kenal mas

    • January 11, 2015 at 1:20 am

      Sangat sederhana 😀
      Sebenarnya lebih sering update, google akan semakin cinta dengan blog kita. Itulah alasan saya minimal membuat 10 post setiap bulannya 😀
      Salam kenal kembali 🙂

  • sudaryono
    September 10, 2016 at 9:37 pm

    Mantap templatenya rapih,
    Boleh kunjungan baliknya ke sudaryono194.blogspot.com