Ketika mendengar kata “Domain Gratis” apa yang anda pikirkan? tentu tidak jauh dari yang saya pikirkan juga, bagaimana cara mendapatkannya? terus proses pengaplikasiannya ke blog kesayangan seperti apa. Nah, itu yang akan saya bahas pagi ini. Karena masih dalam suasana Natal, anggap saja tulisan  ini sebagai kado natal untuk pembaca setia tulisan saya 😀
Cara Mendapatkan Domain CoVu Gratis
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web.(wikipedia).
Nama domain dibagi lagi berbagai jenis, ada yang khusus pemerintahan, organisasi, perorangan, dan sebagainya. Proses pemilikannya pun bervariasi, ada yang berbayar, ada yang juga yang gratisan.
Sesuai judulnya, tulisan kali ini akan membahas cara mendapatkan nama domain gratis dengan domain co.vu. Tentu alamat blog kamu akan lebih mudah diingat jika menggunakan nama domain kamu sendiri, misalnya www.petrusandre.co.vu. Selain keren, nama domain dot covu gratis 100% selamanya! 🙂
Tertarik memiliki domain dot covu? simak cara berikut :
Cara Mendapatkan Domain CoVu Gratis
  • Silahkan membuat akun dulu di situs web codotvu, bisa mendaftar di link berikut : www.codotvu.com
  • Setelah mendaftar dan berhasil login, kamu akan dibawah ke halaman utama situs web tersebut, silahkan cek nama domain yang kamu inginkan. Jika tersedia akan muncul ceklis hijau seperti gambar, klik tombol Register Domain.
  • Selanjutkan akan muncul tampilan seperti gambar ini, pilih konfigurasi blogger, kemudian klik tombol configure to blogger.
    Cara Mendapatkan Domain CoVu Gratis
  • Sejenak lupakan masalah domain, sekarang masuk ke blog yang ingin di ganti domainnya, pilh Pengaturan > Dasar > Penerbitan klik link Tambahkan Domain khusus. Akan muncul tampilan seperti ini, masukan domain yang telah kita daftarkan tadi, klik Simpan maka kita akan mendapatkan kode seperti yang saya tandai merah.
    Cara Mendapatkan Domain CoVu Gratis
  • Kembali ke konfigurasi DNS di codotvu.com tadi, langsung masuk point 7, pastekan kode yang didapatkan di blogger tadi, ke kolom yang tersedia di point ini.
    Cara Mendapatkan Domain CoVu Gratis
  • Pastikan memasukan kode yang benar, kode yang ditandai nomer merah 1, di pastekan di kolom hitam 1, begitu juga yang nomer 2. Jika selesai, klik tombol Create Verification CNAME jika berhasil, jangan lupa klik tombol simpan juga pada settingan blogger tadi.
Custom domain telah berhasil disimpan, tetapi ingatlah, nama domain tidak bisa langsung aktif, perlu waktu sekitar satu jam untuk proses propagansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 replies on “Cara Mendapatkan Domain CoVu Secara Gratis”

  • December 28, 2013 at 9:27 am

    Nice post gan 😀

  • December 30, 2013 at 1:32 am

    pengin nyoba ah. bagus juga keknya tuk blog

  • December 30, 2013 at 11:00 pm

    thxs infonya gan,,,
    kira2 ada kemungkinan masa expirednya gak??
    takutnya nanti blognya gak bisa dibuka? 🙂 :'(

    • January 2, 2014 at 9:27 am

      nah mslah ini kurang tau mas, yang namanya gratisan sifatnya ga nentu, kalo buat blog serius, jgn pake ini deh, beli aja pastinya 🙂

  • February 19, 2014 at 5:34 pm

    mana ah gak langsung masuk ke bloger juga,,,
    malah ke upgrade

  • June 17, 2014 at 4:10 am

    thanks gan, dari http://x-genv7.blogspot.com berubah menjadi http://xgeneration.co.vu , di kunjungi yah blog saya 🙂

  • August 22, 2014 at 6:58 am

    mending saya pakai blogspot aja gan… menurut saya domainnya belum terkenal, takut kalo servernya lemot, reputasi blogpun di SE mengulang dari awal, memang wajar sih soalnya gratisan,, hehehe. tapi infonya cukup bermanfaat gan, salam kenal

    • August 22, 2014 at 7:10 am

      Iya gan, blogspot tetap pilihan terbaik kalau mmg niat ngeblog berkelanjutan.
      Tapi kalau ngeblog sifatnya untuk tugas sekolah/kuliah, mungkin boleh dicoba domain gratis ini, hitung2 buat nambah poin nilai kan 🙂