Pertanyaan seputar ide bisnis mudah untuk pemula masih sering ditanyakan. Terbukti dari sejumlah artikel yang ditemukan di Google. Kebanyakan dari daftar tersebut tidak berbeda.

Namun, kali ini akan diberikan beberapa ide bisnis untuk pemula. Bedanya, alternatif ini disusun dengan pertimbangan harus minim modal dana, minim modal tempat, dan tentunya tidak membutuhkan keahlian rumit.

1. Jasa Menulis

Urutan pertama sebagai ide bisnis untuk pemula adalah menjual jasa menulis. Sesuai namanya, bisnis ini menjual jasa alias kemampuan dalam menulis. Bisnis seperti ini cocok untuk pemula karena tidak butuh modal dana terlalu banyak. 

Selama kamu memiliki kemampuan untuk menulis, kamu punya kesempatan untuk mendirikan bisnismu.

Macam-macam project yang mungkin kamu dapatkan antara lain artikel web, copywriting, bahkan tak jarang penulisan makalah atau malah tawaran sebagai ghostwriter.

Merasa tidak memiliki kemampuan menulis? Kamu bisa berperan sebagai mediator antara klien dengan orang yang memiliki kemampuan menulis. Jatuhnya seperti marketing, tapi ini layak untuk dicoba.

2. Jasa Titip Belanja

Siapa yang sangka kalau nitip belanja bisa jadi sebuah ide bisnis menggiurkan?. Jasa titip belanja adalah sebuah bisnis yang menyediakan jasa seseorang untuk membelikan suatu barang. Tentu saja, lokasi pembeliannya di wilayah tempat tinggalmu.

Meskipun bisnis ini sempat nge-tren beberapa tahun silam, kamu patut mencobanya sebagai ide bisnis yang relatif mudah. Kamu mungkin akan perlu berpikir tentang keunggulan apa yang bisa ditawarkan dari jasamu.

Ilustrasi jasa titip belanja – Sumber: pixabay.com

Ada banyak hal yang bisa menggaet konsumen. Mulai dari harga jasa yang tidak terlalu mahal, mengkhususkan belanja produk langka, atau memberikan treatment terbaik yang mengesankan konsumen.

3. Layanan Titip Hewan Peliharaan

Untuk kamu yang memiliki ketertarikan dan sanggup merawat hewan peliharaan, ide ini mungkin akan cocok dan menyenangkan bagimu. Kebanyakan tempat penitipan hewan terbatas untuk jenis hewan tertentu, misalnya kucing dan anjing.

Mungkin kamu bisa memberi perbedaan dengan menerima penitipan jenis hewan peliharaan lainnya. Dengan catatan, kamu memahami betul cara merawatnya. Minimal, kamu tahu bagaimana memastikan keselamatan hewan peliharaan dan dirimu sebagai pemilik bisnis.

Layanan penitipan hewan peliharaan ini menjadi opsi ide bisnis untuk pemula karena relatif tidak memerlukan keterampilan rumit. Memang kamu memerlukan pengetahuan dasar untuk merawat hewan peliharaan – sebagai basic dari jasa yang kamu tawarkan.

Meski begitu, ketika kamu hendak merintis bisnis ini, pastikan kamu sudah mendapat persetujuan dari tetangga dan orang-orang di lingkungan tempat tinggalmu, ya!

4. Bisnis Dropshipper

Bisa dibilang, ide bisnis yang satu ini adalah alternatif untuk orang yang memiliki alasan tidak punya modal dana dan tempat. Dropshipper pada dasarnya adalah reseller produk. Uniknya, kamu tidak perlu membeli atau menyimpan produk dagangan tersebut.

Tidak ada modal dana dan tidak ada modal tempat. Menarik?

Prosedur penjualannya mirip dengan reseller. Bedanya, jika ada pembelian produk melalui toko milikmu, pemilik produk atau mengirimkan langsung ke alamat pembeli namun mencantumkan identitasmu sebagai penjual.

Baca Juga: Dropship vs Reseller: Apa Beda Penjual Tangan Kedua Ini?

Jadi, apa pekerjaanmu dalam bisnis ini? Bisa dibilang kamu akan fokus pada kegiatan marketing. Kamu perlu ingat kalau bisnis dropship ini juga mirip seperti agen penjualan.

Ada banyak orang lain yang melakukan pekerjaan yang sama pada satu pemilik produk atau supplier. Jadi, kamu harus menjadi yang berbeda dan lebih mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut melalui tokomu

5. Jasa Guru Les Anak Sekolah

Di masa pandemi seperti ini, pembelajaran daring adalah sebuah tantangan bagi banyak pihak. Guru, murid, bahkan orang tua cukup merasakan dampaknya. Terutama bagi anak sekolahan, pembelajaran daring seringkali menimbulkan efek stres.

Salah satu alasannya adalah karena mereka tidak mudah dalam memahami pelajaran yang diberikan.

Ini adalah kesempatanmu untuk menjadi guru les di level sekolah dasar dan menengah. Kalau kamu punya kemampuan di mata pelajaran tertentu dan sanggup mengajar dengan sabar, ide bisnis ini akan membantumu mendapatkan uang tambahan.

6. Jasa Penerjemah

Ide bisnis lain yang tidak butuh banyak modal dana dan barang adalah menjadi penerjemah. Pada beberapa berkas tertentu, dibutuhkan orang-orang yang ahli menerjemahkan bahasa.

Jangan berpikir bahwa mereka tidak bisa menggunakan Google Translate. Mesin tersebut bahkan tidak bisa menerjemahkan sesuai konteks tulisan. Di sinilah jasamu akan dibutuhkan – di samping keahlian utamamu dalam memahami bahasa asing atau bahasa daerah secara fasih.

Baca Juga: Tips Belajar Bisnis Online untuk Pemula yang Perlu Kamu Tau!

Apakah aku memiliki kesempatan bersaing dengan para penerjemah bersertifikasi? Tentu saja! Banyak proyek pekerjaan penerjemah yang dibutuhkan selain untuk menerjemahkan berkas rahasia. Mungkin saja kamu akan dibutuhkan untuk menerjemahkan artikel bahasa asing atau konten pemasaran mereka.

7. Jual Buku Bekas

Alternatif selanjutnya juga merupakan ide bisnis yang minim keahlian khusus. Kamu bisa berjualan buku bekas terutama buku-buku tertentu yang masih dibutuhkan seperti untuk buku kuliah. Masih ada kok orang yang berusaha mencari barang murah dengan fungsi dan kualitas yang relatif sama dengan barang baru.

Ilustrasi buku bekas – Sumber: pixabay.com

Jika pertanyaanmu adalah bagaimana mendapatkan produknya, kamu bisa membeli dari pengumpul buku atau mungkin mendapatkan dari kakak tingkat yang tidak membutuhkannya lagi.

8. Make Up Artist (MUA)

Punya kemampuan merias wajah? Tolong jangan disia-siakan. Meskipun sekarang ini banyak sekali tutorial di YouTube untuk merias wajah sendiri, tapi jasa MUA masih tetap dibutuhkan. Biasanya MUA masih diperlukan terutama untuk keperluan acara-acara penting seperti acara tunangan atau pernikahan.

Meskipun mungkin ada banyak MUA terkenal untuk di wilayah tempat tinggalmu, tapi nyatanya pelanggan masih tidak mudah untuk menentukan pilihan mereka. Kesulitan ini biasanya mengacu pada pertimbangan antara hasil akhir riasan dan budget yang dialokasikan oleh pelanggan.

Antara MUA satu dan lainnya memiliki ciri khas hasil riasan masing-masing. Hal ini berkaitan dengan selera pelanggan. Tidak heran kalau pelanggan juga tidak mudah mendapatkan MUA yang pas untuk mereka. Kalau kamu merasa memiliki keahlian tersebut dan memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya mencoba ide bisnis satu ini.

9. Katering Rumahan

Dengan modal area dapur dan segala perlengkapannya, bisnis katering makanan rumahan bisa jadi ide bisnis untuk pemula. Untuk kamu yang hobi atau memang pintar memasak, kamu bisa mencoba bisnis ini dengan metode pre-order.

Menu-menu makanan rumahan terkadang lebih dirindukan daripada makanan fancy ala restoran di mall. Sebagai ide tambahan, mungkin kamu bisa memasak makanan khas dari daerah di luar daerah domisilimu.

Ini akan jadi nilai tambah bisnismu. Kenapa? Pertama, bisnis ini akan mengenalkan makanan khas daerah lain. Kedua, pesaingmu masih relatif sedikit. Dampaknya, merek bisnismu cenderung lebih mudah diingat konsumen.

Kalau konsumen menyukai hasil masakanmu itu, besar kemungkinan bisnismu akan lebih cepat berkembang.

Sejumlah ide bisnis tadi dipilih dengan pertimbangan minim modal dan minim keahlian rumit. Kalau ditanya soal keberhasilan, jawabannya tergantung pada usaha yang diberikan. Jadi, sebesar apa usahamu untuk mengembangkan bisnis ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.