Akibat pandemi COVID-19, banyak pihak yang kena getah terburuk: PHK. Bahkan mereka yang masih memiliki kesempatan untuk bekerja seperti biasa pun ada yang mengalami dampak. Pengurangan jam kerja yang mengakibatkan turunnya pendapatan, misalnya. Padahal, kebutuhan hidup tidak berkurang. Justru semakin banyak.

Tidak heran kalau orang berlomba-lomba mencari cara untuk mendapatkan tambahan pemasukan di masa seperti ini. Jualan online menjadi salah satu opsinya. 

Nah, kalau kamu berpikir untuk jualan tapi masih bingung mau jualan apa, coba deh lihat beberapa list produk ini. Produk-produk ini terdaftar dalam pencarian produk terlaris sejak awal pandemi COVID-19 di Indonesia. “Hmm, apa ya yang kira-kira potensial?

1. Jualan Online Masker Hidung

Kalau yang ini sudah nggak perlu ditanyakan lagi ya kenapa laris banget. Dikarenakan sudah jadi bagian dari berpakaian sehari-hari, masker jadi produk yang paling dicari di e-commerce. Produk ini terbagi jadi dua bagian: masker medis dan non-medis.

Kalau masker medis memang tidak memungkinkan untuk diproduksi sendiri. Solusinya ya jelas menjadi reseller, distributor, atau sekalian ya dropshipper. Beda dengan masker non medis. Bentuk produk yang satu ini ada yang bisa diproduksi sendiri dan dijual dengan merk sendiri.

Masker kain tergolong sebagai masker non medis yang masih banyak dicari. Selain karena hemat untuk bisa digunakan berulang kali, himbauan pemerintah untuk menggunakan masker ganda (medis dan non-medis) mendukung peningkatan permintaan produk ini.

2. Skin Care dan Body Care

Sampai saat ini, aktivitas harian kita masih sangat terbatas oleh kebijakan pemerintah yaitu PPKM. Maka dari itu, menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Karena hal inilah kemudian banyak dari kita yang lebih memperhatikan penampilan diri sendiri.

Ilustrasi produk skincare untuk dijual online – Sumber: Pixabay.com

Produk perawatan kulit dan tubuh menjadi salah satu produk terlaris di tahun 2021. Bahkan di waktu mendatang, produk ini masih akan banyak dicari. Tentu saja, untuk berjualan produk ini, kamu mungkin paling bisa mengandalkan opsi sebagai reseller atau dropshipper.

Baca Juga: Dropship vs Reseller: Apa Beda Penjual Tangan Kedua Ini?

Tapi jangan sedih, kalau kamu pintar menangkap peluang produk yang paling dicari, bukan tidak mungkin toko online-mu akan ramai dan diandalkan pembeli.

3. Perlengkapan Olahraga

Lebih banyak waktu di rumah membuat orang berusaha mencari kegiatan tambahan supaya tidak membosankan. Aktivitas olah raga kini juga ikut menjadi tren dengan gerakan yang mudah dan tidak membutuhkan peralatan lengkap seperti di pusat kebugaran.

Maka dari itu, peluang jualan online perlengkapan olahraga menjadi opsi. Barangnya bisa mulai dari baju olah raga, sepatu olah raga, matras, dan alat-alat lainnya. 

4. Jualan Online Produk Kesehatan

Selain olah raga yang menjadi tren akibat pembatasan aktivitas, masyarakat juga lebih aware dengan kesehatan. Maka kebutuhan produk penunjang kesehatan pun ikut naik permintaan di pasaran.

Produk-produk kesehatan ini bisa bermacam-macam, mulai dari susu pelengkap gizi sampai suplemen vitamin. Sepertinya kita sudah tidak asing dengan iklan produk kesehatan yang sering mondar-mandir di explore feed media sosial ya? Itu salah satu produk dan caranya berjualan.

Kalau ditanya kamu mau jualan produk apa, kamu bisa kembalikan pada target pasarmu. Iya, kamu juga harus riset sendiri ya supaya nggak melenceng dalam membuat keputusan produk yang mau kamu jual!

5. Penyangga Punggung dan Kursi Kerja

Nah, kalau yang satu ini berhubungannya dengan keperluan kerja dan sekolah. Mungkin tidak semua dari kita memiliki perlengkapan yang standar seperti ketika kita ke kantor atau ke kampus.

Perlengkapan yang dimaksud tentu saja seperti meja dan kursi kerja yang memang didesain agar nyaman. Menurut data, produk penyangga punggung dan kursi kerja sedang tinggi peminatnya.

Ide Produk Jualan Online Dengan Keuntungan Besar Pada Masa Pandemi
Contoh produk penyangga punggung dari ekosistem Xiaomi

Wajar sih, berhubung segala aktivitas kerja dan sekolah sekarang dilakukan dari rumah yang mungkin tidak memiliki perlengkapan mendukung. Cari produk terapi berkualitas? kamu mungkin tertarik dengan toko Xioami Addict.

6. Elektronik Perlengkapan WFH dan SFH

Berhubung WFH dan SFH ini akan terus berlanjut entah sampai kapan, produk-produk pendukungnya masih akan terus dicari. Beberapa barang yang masih memiliki potensi pasar cukup besar adalah perangkat elektronik yang mendukung jalannya WFH maupun SFH.

Contoh kecil, laptop saja memiliki peningkatan permintaan sejak diberlakukan WFH dan SFH. Artinya, perangkat pendukungnya berpotensi memiliki grafik peningkatan yang sama.

Apa aja barangnya? Banyak loh! Coba perhatikan perangkat elektronik apa yang sekiranya dibutuhkan selama menggunakan laptop? Kita bisa lihat mulai dari earphone atau headset, lalu juga tripod untuk handphone, ringlight, kipas laptop, bahkan sampai meja portable untuk mereka yang bekerja dengan duduk di lantai. 

Kuncinya: perhatikan kebiasaan, identifikasi kebutuhan, dan sediakan produk yang mereka butuhkan.

7. Perangkat Anti Radiasi

Bekerja dalam waktu lama di depan layar laptop atau smartphone beresiko merusak mata. Kalau boleh kita akui bersama, ketika WFH dan SFH ini durasi penggunaan gadget justru lebih tinggi dibandingkan ketika bekerja atau sekolah secara luring. 

Nah, supaya tidak menimbulkan penyakit dan masalah kesehatan lain, ada baiknya kita juga menggunakan perangkat anti radiasi. Nah, bentuknya bisa jadi sebagai kacamata anti radiasi atau layar anti radiasi untuk laptop.

Baca Juga: Mau Punya Rumah Pintar? 5 Produk Smart Home Xiaomi Ini Wajib Kamu Miliki!

Sekarang juga ada produk screen guard untuk smartphone yang diklaim memiliki teknologi anti radiasi. Kebutuhan seperti ini bisa kamu jadikan peluang untuk jualan online karena orang masih membutuhkannya dan bahkan akan terus membutuhkannya selama masih menggunakan gadget untuk bekerja atau belajar.

8. Peralatan Memasak

Memasak jadi salah satu kegiatan yang juga tinggi peminatnya sejak awal pandemi COVID-19. Hal ini berhubungan dengan perilaku preventif mereka untuk mendapatkan makanan yang bersih dan bebas risiko paparan virus Corona. 

Ide Produk Jualan Online Dengan Keuntungan Besar Pada Masa Pandemi
Ilustrasi peralatan memasak untuk dijual online – Sumber: Pixabay.com

Dikarenakan hal itu, peralatan memasak diketahui menjadi tinggi peminat. Kamu bisa menjadikan opsi ini sebagai ide untuk jualan online, meski cara termungkinnya adalah sebagai reseller atau dropshipper. Tidak apa-apa, tetap patut dicoba. Apalagi sekarang ini sudah mulai banyak merek-merek peralatan masak yang baru dengan harga terjangkau namun kualitasnya tidak abal-abal.

9. Perlengkapan Hewan Peliharaan

Tidak hanya keperluan yang berhubungan dengan diri sendiri. Sejak pandemi COVID-19, masyarakat kita juga tercatat semakin banyak yang mengadopsi atau memiliki hewan peliharaan baru.

Sekedar memiliki ikan atau mengadopsi kucing menjadi opsi supaya tidak merasa kesepian. Nah, di mana ada makhluk hidup, tentunya ada peluang yang bisa dijadikan ide bisnis. Kamu bisa menjual perlengkapan hewan peliharaan secara online sebagai produk yang paling dicari di e-commerce.

Kalau dilihat-lihat, sebenarnya segala hal bisa jadi ide untuk bisnis. Namun pada konteks ini, kami menyesuaikan dengan data produk terlaris 2021. Ada kemungkinan tren produk berubah. Tulisan ini hanya bersifat sebagai referensi. Produk apa yang nantinya akan kamu jual, tetaplah kamu yang memutuskan.

Sebagai tips, jangan ketinggalan untuk selalu update kabar terbaru terkait perkembangan pandemi di Indonesia. Ini akan membantumu mengidentifikasi produk apa yang sekiranya potensial untuk dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.