Tanggal 30 mei 2014 kemarin merupakan hari yang cukup bersejarah untuk aktivitas bisnis yang ada di Pontianak. Sebuah tiang resmi ditancapkan untuk pembangunan sebuah pusat perbelanjaan yang dikatakan merupakan yang terbesar yang ada di Kalimantan Barat. Mall of Borneo, Kawasan mall yang diklaim terbesar di Kalbar ini akan menempati luas area 233779 meter persegi, terletak di Jalan Ahmad Yani II, depan komplek Villa Ceria Lestari, Kubu Raya.
Mall of Borneo Pusat Bisnis Terbesar di Kalimantan Barat
Mall of Borneo Pusat Bisnis Terbesar di Kalimantan Barat
Pembangunan Mall of Borneo diperkirakan menelan dana  mencapai Rp1,5 triliun, dengan perkiraan lama pembangunan 2,5 tahun. Perusahaan yang menangani pembangunan icon baru kota Pontianak ini adalah PT Surya Pajintan menggandeng Xin Zhong Cheng Investment, Pte, Ltd, perusahaan asal Hongkong.

Dikutip dari Pontianak Post Direktur Utama PT Surya Pajintan Siman Bahar, mengatakan mal mewah ini akan menjadi kawasan berintegrasi dengan beragam fasiltias. “Di dalamnya nanti akan ada bangunan utama mal dengan lima lantai. Lalu akan terintegrasi dengan hotel berbintang empat di atasnya yang berjumlah lima lantai. Ditambah lagi dengan gedung parkir 10 lantai yang mampu menampung 2531 lots sepeda motor dan untuk mobil 1573 lots.

Mall of Borneo Pusat Bisnis Terbesar di Kalimantan Barat
Mall of Borneo Pusat Bisnis Terbesar di Kalimantan Barat
Mall of Borneo Pusat Bisnis Terbesar di Kalimantan Barat
Pembangunan mall of borneo tentunya telah memperhitungkan akses yang juga mudah di jangkau dari masyarakat kota Pontianak. Hal ini disebabkan oleh jalan Arteri Supadio Kubu Raya masih menggunakan satu jalur dengan jalan Ahmad Yani Pontianak dimana tidak jauh dari lokasi tersebut sudah terdapat pusat perbelanjaan yang telah dahulu berdiri yaitu Ayani Mega Mall.

 

Harapan kedepannya adalah, dengan dibangunnya salah satu icon terbesar di Kota Pontianak ini, perkembangan ekonomi dan aktivitas bisnis yang ada akan semakin lebih maju lagi. Tentunya, saat pembangunan mall of borneo selesai akan sanggup menyerap lebih banyak tenaga kerja, hal ini pastinya akan mengurangi angka pengangguran yang ada di Kalimantan Barat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 replies on “Mall of Borneo Pusat Bisnis Terbesar di Kalimantan Barat”