Yeay, Rabu 23 Oktober 2013 adalah hari peringatan jadinya kota pontianak yang ke 242 Tahun. Waah udah tua ya umur kota pontianak tercinta ini. Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Kota yang juga dikenal dengan Kota Khatulistiwa ini terbentuk pada 23 Oktober 1771.
Nama Pontianak yang berasal dari Bahasa Melayu ini dipercaya ada kaitannya dengan kisah Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu Kuntilanak ketika beliau menyusuri Sungai Kapuas.
Menurut ceritanya, Syarif Abdurrahman terpaksa melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu itu sekaligus menandakan di mana meriam itu jatuh, maka di sanalah wilayah kesultanannya didirikan. Peluru meriam itu jatuh di dekat persimpang Sungai Kapuas dan Sungai Landak, yang kini dikenal dengan nama Kampung Beting.
Peringatan Hari Jadi Kota Pontianak yang Ke-242
Atas dasar itulah, setiap kali perayaan ulang tahun Kota Pontianak, selalu diadakan festival meriam karbit, bahkan meriam karbit ini sudah menjadi icon khusus Kota Pontianak. Untuk tahun ini (2013) Festival meriam karbit diadakan di alun-alun kapuas dimulai dari tanggal 20/10/13 hingga 23/10/13.
Tidak hanya itu, untuk memeriahkan hari jadi kota Pontianak yang ke 242 tahun ini, juga diadakan Permainan rakyat (olahraga tradisional), Festival drum band, Festival layang-layang hias, arak-arakan busana pengantin, dan pada puncak perayaan nanti, akan sekaligus diresmikan Taman Air Mancur Digulis (dahulu tugu bambu runcing).
Kota Pontianak dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis lintang nol derajat bumi. Selain itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia dan Sungai Landak. Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang membelah kota disimbolkan di dalam logo Kota Pontianak.
Di Usianya yang ke 242 ini, kita semua, warga kota Pontianak, bahkan Indonesia berharap pontianak tetap bisa memberikan yang terbaik untuk para penghuninya. Tentunya dengan dukungan seluruh penghuni kota Pontianak.

Selamat Hari Jadi Pontianak yang ke 242!  Jaya Pontianakku! :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 replies on “Peringatan Hari Jadi Kota Pontianak yang Ke-242”

  • October 24, 2013 at 1:58 pm

    Selamat Ulang tahun Pontianak ke 242 semoga menjadi kota yang paling nyaman, aman dan menyenangkan bagi penghuninya khususnya warganya atau pendatang yang sedang menikmati liburan di Pontianak ^^

  • November 16, 2013 at 5:18 am

    Artikel ini telah dinilai oleh Dewan Juri Lomba Menulis Blog Kota Pontianak 242, nantikan pengumuman hasilnya di Borneo Exotic Cafe Bundaran SMPN 1 Pontianak pada tanggal 16 November 2013 jam 20.00 WIB.